Operasional kantor : Senin - Jumat Pkl. 08.00 - 17.00 WIB, online Senin - Jumat 24 jam
Tanggal
18 04-19
27

Seberapa Penting Pelayanan Publik Digital? Cari Tahu Jawabannya Disini !

berita-1

Seberapa Penting Pelayanan Publik Digital? Cari Tahu Jawabannya Disini !

Memasuki era digital ini, kita semua membutuhkan inovasi baru dalam hal pelayanan publik. Pelayanan publik digital adalah solusi untuk mengubah sistem pelayanan publik konvensional yang terkenal lambat dan boros. Walaupun masih sangat sulit untuk bisa diterapkan di Indonesia, namun pelayanan publik digital harus segera diaplikasikan untuk kenyamanan masyarakat. Di negara-negara maju, penerapan pelayanan publik digital kemudian melahirkan mekanisme birokrasi pemerintahan baru yang dinamakan e-government. Untuk mengetahui lebih jauh hubungan pelayanan publik dengan e-government dan  manfaat lain dari pelayanan publik digital, Anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Pelayanan Publik Digital Kunci Sukses E-Government

Pelayanan publik digital sejatinya harus digalakkan sedini mungkin. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang optimal, pemerintah mengharapkan adanya peningkatan peran aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas pelayanan publik. Di era digital sekarang ini, kebutuhan masyarakat terhadap layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi semakin tinggi. Oleh sebab itu pemerintah harus benar-benar mengupayakan pelayanan yang maksimal supaya menghasilkan pelayanan publik yang efisien baik dari segi biaya, waktu dan tenaga.

Namun sayangnya, persentase masyarakat terhadap akses informasi publik seperti administrasi, undang-undang, dan pengaduan masih tergolong kecil. Hasil survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menyebut jumlahnya hanya mencapai 15%. Hal ini sangat kontras jika dibandingkan dengan akses masyarakat terhadap sosial media yang mencapai 87,13%. Kesenjangan jumlah tersebut diperkirakan karena rendahnya kesadaran pemerintah dalam melakukan inovasi berbasis teknologi. Selain itu diikuti juga dengan rendahnya transparansi pemerintah dalam penerapan e-government. Untuk mendongkrak pelayanan publik digital maka akses e-government perlu memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat.

Manfaat Pelayanan Publik Digital

Pemerintah dalam hal ini harus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik digital. Selain karena sudah menjadi kebutuhan yang mendesak, juga akan memberikan banyak manfaat bagi pemerintah dan masyarakat. Keuntungan yang didapat pemerintah diantaranya adalah efisiensi biaya dan waktu sehingga pelayanan dengan menggunakan kertas akan berkurang. Selain itu pelayanan terhadap masyarakat juga menjadi lebih cepat. Manfaat lainnya yaitu meningkatnya produktivitas pekerja dan pengguna layanan. Pelayanan publik digital juga dapat menjadi media promosi pemerintah terutama untuk sosialisasi kinerja dan program pemerintah. Apabila masyarakat merasa puas dengan kinerja pelayanan publik otomatis hal ini akan mengembalikan trust society kepada pemerintah.

Artikel Media

Siaran Pers