Operasional kantor : Senin - Jumat Pkl. 08.00 - 17.00 WIB, online Senin - Jumat 24 jam
Tanggal
15 05-24
43

PRODUK DAN LAYANAN PALAPA RING – BAKTI KOMINFO

berita-1

PRODUK DAN LAYANAN PALAPA RING – BAKTI KOMINFO

Palapa Ring adalah proyek strategis nasional yang diinisiasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Proyek ini bertujuan untuk membangun infrastruktur jaringan serat optik nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia, termasuk wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T). Dengan hadirnya Palapa Ring, diharapkan akses internet cepat dan stabil bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, sehingga mendukung pemerataan pembangunan dan pengembangan ekonomi digital di berbagai daerah.

 

Produk dan Layanan Palapa Ring

BAKTI Kominfo memiliki Produk dan Layanan Palapa Ring melalui Penyediaan Kapasitas Pita Lebar (Bandwidth), Penyediaan Kabel Serat Optik Pasif (Dark Fiber), dan Penempatan Perangkat di NOC (Kolokasi).

Palapa Ring terdiri dari tiga paket yaitu Paket Barat, Tengah, dan Timur. Masing-masing paket memiliki cakupan wilayah yang berbeda namun bertujuan sama yaitu menyediakan akses internet cepat di seluruh pelosok negeri.


1.      Paket Barat

Meliputi wilayah Sumatera, Kepulauan Riau, dan sebagian Kalimantan. Proyek ini melibatkan pembangunan jaringan serat optik sepanjang ribuan kilometer yang menghubungkan pulau-pulau dan kabupaten/kota di wilayah barat Indonesia.

2.      Paket Tengah

Mencakup wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara. Jaringan serat optik yang dibangun di wilayah ini menghubungkan berbagai kota dan kabupaten di daerah tengah Indonesia dengan panjang jaringan yang juga mencapai ribuan kilometer.

3.      Paket Timur

Meliputi wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat. Wilayah ini merupakan daerah dengan tantangan geografis yang cukup besar, namun pembangunan jaringan serat optik tetap dilaksanakan untuk memastikan seluruh wilayah di Indonesia timur mendapatkan akses internet yang memadai.


Manfaat dan Dampak Positif

·         Peningkatan Aksesibilitas

Dengan jaringan serat optik yang tersebar luas, masyarakat di wilayah 3T kini dapat menikmati akses internet cepat yang sebelumnya sulit didapatkan.

·         Pemerataan Pembangunan

Infrastruktur digital yang merata membantu pemerintah dalam menyebarkan program-program pembangunan dan pelayanan publik secara lebih efektif.

·         Pengembangan Ekonomi Digital

Akses internet yang lebih baik mendorong pertumbuhan ekonomi digital, termasuk e-commerce, fintech, dan industri kreatif di daerah-daerah.

·         Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan

Internet cepat mendukung penyediaan layanan pendidikan dan kesehatan jarak jauh yang berkualitas, seperti e-learning dan telemedicine.

·         Penguatan Ketahanan Nasional

Infrastruktur telekomunikasi yang handal mendukung pengawasan dan kontrol wilayah-wilayah terpencil, yang berkontribusi pada keamanan dan ketahanan nasional.

Proyek Palapa Ring merupakan langkah penting dalam upaya pemerintah Indonesia untuk mewujudkan konektivitas digital yang merata di seluruh negeri. Dengan jaringan serat optik yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat dari era digital.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk dan layanan Palapa Ring atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui informasi kontak di bawah ini.

 

Kontak Kami

DIREKTORAT LAYANAN TELEKOMUNIKASI DAN INFORMASI BADAN USAHA

BAKTI KOMINFO

Halo BAKTI 1500876

Email: badanusaha@baktikominfo.id

 

Kami siap membantu dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai Palapa Ring dan berbagai program lainnya yang dikelola oleh BAKTI KOMINFO.

Artikel Media

Siaran Pers