Pernahkah Anda mendengar istilah email marketing? Jika Anda masih baru di dunia bisnis mungkin hal ini terdengar asing. Namun demikian, metode pemasaran yang satu ini sudah ada cukup lama, dan dapat dikatakan ‘senior’ dalam dunia pemasaran era digital. Hingga saat ini metode email marketing masih dirasa memiliki kekuatan dan kelebihan dibanding dengan metode lainnya. Tentu hal ini bukan tanpa sebab, dan Anda bisa lebih memahaminya di bagian selanjutnya.
Email marketing sendiri secara definitif memiliki arti pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi yang dilakukan melalui email dan langsung ke daftar alamat email yang telah dimiliki. Mungkin pertanyaan yang akan muncul kemudian, apakah email seperti ini tidak dianggap spam atau gangguan? Faktanya, metode ini justru menunjukkan hal sebaliknya. Bahwa email marketing menjadi salah satu cara efektif dalam pemasaran produk.
Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan cara ini.
Jika dilihat dari biaya, hal paling mendasar, penggunaan metode ini dalam melakukan pemasaran menunjukkan angka yang sangat fantastis. Menurut data yang ditemukan oleh salah satu asosiasi, Anda dapat memperoleh revenue hingga 3800% dengan penggunaan metode ini. Mengapa demikian? Karena biaya untuk melakukan email marketing sangat rendah, dan efek yang diberikan adalah berupa engagement serta direct action sehingga menjanjikan keuntungan yang besar jika dibandingkan biaya yang dikeluarkan.
Dibandingkan dengan cara pemasaran di media lain seperti Twitter, Facebook atau Instagram, email marketing menawarkan ‘ruang’ yang lebih luas untuk memberikan informasi mengenai promo yang diberikan. Anda bisa memberikan banyak sekali informasi dalam satu paket konten yang kemudian dapat dibaca oleh konsumen Anda. Hal ini tentu memangkas banyak waktu dan effort yang harus dilakukan oleh konsumen ketika harus mengikuti arahan link yang tersedia di unggahan konten media sosial lainnya.
Tidak seperti penggunaan media sosial yang memiliki algoritma yang terus berubah sehingga pebisnis dituntut untuk terus melakukan inovasi dan membaca tren, penggunaan metode ini memungkinkan Anda mengirimkan konten langsung pada konsumen yang telah Anda miliki identitas emailnya. Secara ideal, email marketing dapat menjangkau pasar yang lebih pasti dan efektif dalam menyebarkan informasi. Di waktu yang bersamaan, Anda sebagai pebisnis tidak perlu pusing memikirkan tren yang tengah terjadi di media sosial, hanya saja tetap harus membuat konten yang menarik untuk dilihat.
Promosi yang dilakukan juga akan terasa lebih personal, karena akan dikirimkan langsung ke email dari konsumen yang Anda miliki. Tidak menutup kemungkinan, sisi personal ini akan membuat konsumen Anda lebih dihargai sehingga memberikan direct action berupa pembelian produk dan sejenisnya.
Kelebihan di atas bisa Anda dapatkan, jika Anda mengetahui bagaimana cara membuat konten email marketing yang menarik. Pembahasan konten tersebut bisa Anda temukan pada bagian berikut ini.
Tepat disini bukan kemudian berarti yang memiliki biaya besar, atau layanan terbaik dengan harga yang mahal, namun lebih kepada tools yang sesuai dengan konten apa yang ingin Anda buat. Seperti layaknya koki yang akan memasak, Anda memerlukan pisau dan peralatan yang tepat, pembuatan email marketing dengan tools yang tepat benar-benar dapat meningkatkan kualitas email yang Anda kirimkan.
Secara umum, strategi yang perlu Anda rancang adalah pada perluasan mailing list yang Anda miliki, yang artinya juga pasar Anda meluas, serta konten yang menarik. Perluasan mailing list dapat disertai dengan pengelompokan konsumen, sehingga lebih mudah untuk melakukan pengiriman email yang tepat. Untuk konten yang menarik, Anda bisa mencantumkan promo khusus pada email yang dikirimkan. Manfaatkan momentum yang ada dan maksimalkan apa yang Anda miliki.
Selain itu, maintain komunikasi yang telah Anda jalin dengan konsumen sehingga loyalitas mereka dapat tetap terjaga. Memiliki konsumen loyal dapat menjadi indikasi bahwa bisnis dan aktivitas pemasaran yang Anda lakukan sukses sehingga hal ini menjadi penting. Perhatikan hal personal pada konsumen, seperti misalnya hari ulang tahun, atau promo khsusus serta informasi produk terbaru.
Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi pada email marketing yang Anda kirimkan dengan menggunakan beberapa indikator seperti open rate, bounce rate, click through rate idan unsubscribe rate. Setiap variabel ini dapat membantu Anda menganalisa sejauh mana kesuksesan email yang Anda kirimkan.
Email marketing meski terdengar klasik dalam dunia digital, namun memiliki kekuatan yang cukup besar dalam aktivitas pemasaran. Bukan tidak mungkin peran email marketing juga akan menjadi semakin besar, seiring dengan kebutuhan pasar dan treatment yang diperlukan untuk menjaga pasar yang Anda miliki.