Operasional kantor : Senin - Jumat Pkl. 08.00 - 17.00 WIB, online Senin - Jumat 24 jam
Tanggal
27 09-23
36

Hari Bhakti Postel Ke-78 dan Sejarah di Baliknya

berita-1

Hari Rabu, 27 September 2023 merupakan Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) ke-78. Hari bersejarah ini diperingati setiap tahun oleh segenap jajaran Komunikasi dan Informatika pemerintah, penyelenggara dan pegiat serta komunitas lainnya.

Hari Bhakti Postel memperingati sejarah pengambil alihan Kantor Pusat Jawatan Pos, Telegraf dan Telepon (PTT) oleh Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon (AMPTT) dari kekuasaan pemerintah Jepang pada 27 September 1945.

Soetoko tercatat dalam sejarah sebagai penggerak pemuda pada pertemuan AMPTT pada tanggal 3 September 1945. Nama lain yang turut hadir saat itu diantaranya Slamet Soemari, Joesoef, Agoes Salman, Nawawi Alif dan beberapa pemuda lainnya.

Bertugas untuk mengawal koordinasi AMPTT dalam pegambil alihan Jawatan PTT, Soetoko ditetapkan sebagai ketua dibantu oleh tiga wakilnya yaitu Nawawi Alif, Hasan Zein dan Abdoel Djabar.

Setelahnya PPT secara resmi berubah menjadi Jawatan PPT Republik Indonesia dan peristiwa tersebut menjadi hari bhakti PTT atau hari bhakti POSTEL.

Kemudian, Soeharto dan R. Dijar masing-masing resmi diangkat oleh Soetoko, Ketua AMPTT menjadi Kepala dan Wakil Kepala Jawatan PTT seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo dalam Siaran Pers No.285/HM/KOMINFO/09/2023, Hari Bhakti Postel setiap tahunnya merupakan peringatan dan penghargaan atas jasa pahlawan Indonesia khususnya di bidang Postel.

Kolaborasi Digital Untuk Indonesia Maju menjadi tema Hari Bhakti Postel 2023 dan serangkaian kegiatan diselenggarakan oleh komunitas Kominfo dari semua kalangan seperti donor darah dan turnamen olahraga.

Hari Rabu tanggal 27 September 2023 juga bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia yang ditetapkan sejak tahun 1980 berdasarkan Organisasi Pariwisata Dunia dan PBB (UNWTO).***

Artikel Media

Siaran Pers