Operasional kantor : Senin - Jumat Pkl. 08.00 - 17.00 WIB, online Senin - Jumat 24 jam
Tanggal
18 10-18
7

Berkenalan dengan Digital Marketing, Pengertian, Keunggulan, dan Caranya

berita-1

Berkenalan dengan Digital Marketing, Pengertian, Keunggulan, dan Caranya

Dalam membangun sebuah usaha diperlukan aktivitas pemasaran untuk membuat produk usaha lebih dikenal banyak orang dan semakin mendatangkan banyak keuntungan. Beberapa tahun lalu pemasaran masih bersifat konvensional, yaitu menggunakan media yang masih sederhana, seperti media cetak, brosur, atau ikut serta dalam pameran. Sedangkan kini di era yang serba modern sudah banyak media elektronik yang semakin memudahkan aktivitas pemasaran. Metode ini disebut juga sebagai digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Bila diartikan, digital marketing merupakan aktivitas memasarkan atau promosi sebuah produk, brand, atau jasa menggunakan media elektronik (digital). Metode ini sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tapi dulu keberadaan medianya masih sangat terbatas. Sebut saja televisi dan radio yang hanya bisa menyampaikan informasi secara satu arah. Namun seiring perkembangan teknologi digital yang semakin pesat serta adanya penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, maka metode digital marketing pun jadi cara utama bagi para pelaku usaha.

Terdapat beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • Iklan televisi dan radio
  • Billboard elektronik
  • SEO (Search Engine Optimization)
  • Iklan online (FB ads, Adwords, dan lainnya)
  • Mobile marketing
  • Email marketing

Kelebihan Digital Marketing

Strategi pemasaran secara konvensional biasanya menggunakan cara yang masih sangat sederhana, seperti iklan yang ada di koran, selebaran brosur, poster, dan semacamnya. Cara-cara tersebut justru malah membutuhkan banyak biaya dan sering kurang berhasil. Meski masih ada yang menggunakannya, tapi strategi ini sudah mulai banyak ditinggalkan. Kebanyakan para pelaku usaha lebih memilih digital marketing karena dinilai lebih tepat sasaran dan tidak memakan banyak biaya. Sebagai informasi untuk Anda, harga untuk setiap jenis konten itu bervariasi, yaitu mulai dari Rp 50 ribu untuk penulisan artikel, Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk paket foto dan lebih dari Rp 2 juta untuk video atau kampanye film indie.

Misalnya saja menggunakan iklan video, Anda bisa mengetahui berapa lama iklan tersebut ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentu saja Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang bagus dan tidak. Tracking atau pelacakan ini jelas sangat membantu pengusaha dalam menghitung ROI (Return of Investment) dari budget marketing perusahaan.

Selain mudah dalam hal mengevaluasi, ada faktor lainnya yang jadi keunggulan digital marketing, yaitu luas jangkauan geografis. Menggunakan media digital, Anda dapat dengan mudah menyebarkan merek serta isi produk Anda ke banyak tempat bahkan seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik saja. Jika cakupan wilayah pemasarannya luas, maka kesempatan usaha Anda untuk dikenal banyak orang akan semakin mudah dan cepat.

Bagaimana Cara Memulainya?

Untuk memulai pemasaran secara digital ini dibutuhkan teknik dan sumber daya supaya bisa berjalan dengan lancar. Salah satu yang penting adalah aset yang harus Anda miliki terkait usaha Anda. Apa saja aset tersebut? Ini dia daftarnya:

  • Website
  • Akun media sosial
  • Identitas merek (logo, profil perusahaan)
  • Postingan blog
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan)

Setelah Anda memiliki semua aset di atas, Anda perlu mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun usaha yang Anda miliki. Contohnya adalah dengan membuat akun di media sosial seperti Facebook atau Instagram. Setelah itu buatlah foto dan video pendek yang menarik sehingga orang yang mengunjungi akun Anda ingin membaginya dengan orang lain. Semakin banyak foto dan video yang Anda unggah, maka semakin tertarik pula orang-orang yang mengunjungi akun Anda. Kemudian tetaplah aktif dalam akun Anda dengan menjawab pertanyaan orang-orang serta selalu memberikan info yang positif mengenai usaha Anda. Akun bisnis yang aktif lebih meyakinkan calon pembeli bahwa Anda memang serius menekuni bisnis Anda. Respon yang cepat juga membuat mereka senang karena pertanyaan yang mereka ajukan jadi cepat terjawab.

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah ikut bergabung dalam forum atau marketplace publik. Namun untuk bisa bergabung, profil usaha Anda memiliki penilaian dan ulasan yang baik dari pelanggan. Hal tersebut jadi salah satu tanda bahwa citra merek yang Anda miliki bagus atau tidak di dunia maya.

Kurang lebih itulah informasi penting seputar digital marketing yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki usaha dan ingin mengembangkannya, cobalah melakukan strategi pemasaran ini. Butuh modal memang, tapi hasilnya pasti akan lebih menguntungkan bagi Anda. Selamat mencoba!

Artikel Media

Siaran Pers